RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Tingkat Pendidikan : MA
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/Semester :
XI/1
Standart Kompetensi :
·
Memahami informasi lisan berbentuk paparan
atau dialog tentang remaja.
Kompetensi Dasar :
1.
Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa
atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat.
2.
Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan secara tepat.
Indikator :
1.
Menulis informasi yang berbentuk paparan atau
dialog tentang remaja dan cita-citanya.
2. Menterjemahkan paparan atau dialog tentang remaja dan cita-citanya.
3.
Mempraktekkan paparan atau dialog tentang
remaja dan cita-citanya.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Tujuan Pembelajaran :
1.
Siswa mampu menulis informasi yang berbentuk
paparan atau dialog tentang remaja dan cita-citanya.
2. Siswa mampu menterjemahkan paparan atau dialog tentang remaja dan
cita-citanya.
3.
Siswa mampu mempraktekkan paparan atau dialog
tentang remaja dan cita-citanya.
Materi Pembelajaran :
1.
Dialog tentang المراهقة وأمالها
2.
Pola dasar (فعل ماض وفاعل ومفعول به)
Model / Metode Pembelajaran
a.
Model : Pembelajaran kooperatif
b. Strategi : Siswa aktif
c.
Metode :
ceramah, Tanya jawab, demonstrasi.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Tahap (sintaks)
|
Kegiatan (Skenario Pembelajaran)
|
Strategi/
Pendekatan/
Metode
|
Nilai Karakter Budaya Bangsa
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama-sama sebelum memulai pelajaran.
|
|
Religius, Imtaq
|
5 menit
|
2. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang materi yang akan disampaikan.
|
Ceramah
|
Rasa ingin tahu
|
||
Eksplorasi
|
1. Guru menyampaikan materi
المراهقة وأمالها
|
Ceramah
|
Rasa ingin tahu
|
40 menit
|
2. Guru menjelaskan maksud dan terjemah dari المراهقة وأمالها
|
|
|
||
3. Guru menyampaikan mufrodat dan pola dasar.
|
|
|
||
elaborasi
|
1. Siswa mengerjakan tugas LKS
|
Siswa aktif
|
Kerja keras
|
20 menit
|
2. Siswa mengumpulkan hasil kerja.
|
|
|
||
Konfirmasi
|
1. Hasil kerja siswa dicocokkan secara bersama-sama.
|
Siswa aktif
|
demokratis
|
10 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Guru memberikan pertanyaan sebagai penutup
|
Siswa aktif
|
|
5 menit
|
2. Guru mengingatkan siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
|
|
Disiplin
|
||
3. Guru menutup kegiatan belajar dengan doa dan salam.
|
|
Religius
|
Sumber dan Media Belajar
·
Sumber belajar :
1. Buku LKS Bahasa Arab kelas XI semester ganjil
2. Kamus Bahasa Arab
·
Media Belajar :
1. Spidol
2. Papan Tulis
Penilaian :
1.
Instrumen Penilaian
2. Prosedur Penilaian
3.
Jenis Penilaian (tes tertulis dan unjuk kerja)
Tulungagung, 27 Agustus 2013
Guru pamong,
|
Mahasiswa PPL,
|
No comments:
Post a Comment